Olympus PEN F – Kamera mirrorless canggih dengan desain retro

Olympus terkenal memiliki sejarah yang panjang di dunia fotografi sebagai pembuat kamera. Tahun 2016 adalah tahun ke-80 Olympus membuat kamera. Memperingati tahun ke-80 ini, Olympus meluncurkan kamera Olympus PEN-F. Nama kamera ini berasal dengan kamera PEN-F yang namanya serupa tapi eksis di jaman kamera film tahun 1963 yang lalu.
Olympus-PEN-F-camera-9
PEN-F era digital ini memiliki bentuk yang menyerupai desain kamera PEN F di masa lalu dengan ciri-ciri memiliki jendela bidik, berukuran ringkas, memiliki roda kendali berbentuk bulat di bagian depan kamera, dan di bagian atas kamera terbuat dari logam magnesium. Berbeda dengan Olympus PEN lainnya, PEN F memiliki jendela bidik built-in, tapi tidak memiliki built-in flash, meskipun demikian, external flash kecil tersedia.

Dibandingkan dengan seri OMD, PEN ditujukan kepada fotografer amatir menyukai kamera yang berukuran ringkas dan memiliki banyak kendali eksternal untuk memudahkan pengoperasian. Sedangkan seri OMD ditujukan kepada fotografer profesional. Perbedaan utama bisa dilihat dari segi desain kamera PEN yang lebih seperti kamera film rangefinder jaman dahulu dibandingkan dengan seri OMD yang lebih mirip dengan desain kamera SLR. Selain itu, rata-rata seri OMD memiliki weathersealing yang didesain untuk tahan cipratan air dan cuaca buruk sedangkan seri PEN tidak.
Beberapa tahun belakangan ini, pamor kamera seri PEN menurun karena persaingan dengan kamera mirrorless lain juga dengan seri OMD. Di tahun ini, Olympus berharap seri PEN bisa populer kembali melalui PEN-F. Maka dari itu, spesifikasi Olympus PEN-F ini cukup tinggi, Beberapa fitur canggih kamera ini setara bahkan melebihi seri kamera Olympus OMD yang terbaru.
Olympus-PEN-F-camera-2-1
Beberapa fitur unggulan Olympus OMD antara lain:
  1. 20 MP tanpa low-pass filter, four thirds sensor
  2. Jendela bidik elektronik OLED dengan resolusi 2.36 juta titik
  3. Built-in 5 Axis stabilization
  4. 50MP mode resolusi tinggi
  5. max shutter speed 1/8000 detik, 1/16000 dengan electronic shutter
  6. 1080/60fps video
Creative Dial, roda yang terdapat di bagian depan kamera cukup unik karena memberikan kendali ke pengguna untuk mengganti efek foto tanpa repot mengedit. Banyak pilihan efek seperti Monochrome, hitam putih, beberapa efek film jaman dahulu. Pilihan yang tersedia antara lain : Monochrome Profile Control, Color Profile Control, Art Filters, and Color Creator.
Sebagai kamera mirrorless masa kini, PEN F yang baru ini juga dilengkapi dengan fitur Wifi, timelapse, focus bracketing, live composite untuk astrophotography dan lain-lain. Kecepatan foto berturut-turut juga cukup cepat yaitu 10 foto perdetik, tapi menurun menjadi 5 foto per detik jika mengaktifkan autofokus tracking. Saat mengaktifkan electronic shutter, kecepatan foto berturut-turut dapat mencapai 20 foto per detik.
Dengan fitur-fitur yang memudahkan pemula, Olympus berharap PEN-F ini bisa sukses di pasar, terutama era sekarang dimana foto harus cepat jadi dan bagus tanpa harus mengedit lagi di komputer supaya bisa segera dibagikan ke media sosial.
Olympus-PEN-F-camera-4-1
Harga kamera ini $1199 body only (Rp 16.6 juta). Kamera ini akan tersedia di AS awal Maret 2016. Di Indonesia mungkin April-Mei 2016.
pen-f-35mm


pen-f-black

0 komentar: